NewsSeputar Jateng

Lomba Drumband Meriahkan HUT ke-57 Kabupaten Batang

BATANG, Jateng – Sebanyak 22 grup drumband atau marching band mengikuti Batang Drumband Fest untuk memperebutkan Piala Bupati Batang pada Sabtu 18 Maret 2023. Mereka berasal dari kalangan SD, SMP, SMA dan umum di Kabupaten Batang.

Perlombaan tersebutr bagian dari rangkaian perayaan hari jadi atau HUT Kabupaten Batang Ke-57.

Rute yang dilalui peserta drumband dimulai dari panggung kehormatan di Jalan Veteran kemudian ke Jalan Ahmad Yani hingga finish di Jalan KH Ahmad Dahlan Batang.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Batang, Bambang Suryantoro Sudibyo mengatakan, bahwa perlombaan drumband diikuti 16 SD, 3 SMP, dan 3 SMA, dan Umum.

Menurutnya, lomba drumband hari ini merupakan kali pertama yang bakal dijadikan agenda tahunan pada saat HUT Kabupaten Batang mendatang.

“Lomba ini pertama kali digelar, dan ke depan akan menjadi kegiatan lomba tahunan untuk memeriahkan HUT Kabupaten Batang, dengan tujuan bergerak bersama menciptakan Batang maju dan guyub rukun,” kata Bambang.

Usulan lomba drumband menjadi ajang tahunan itu mendapat dukungan dari Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki.

“Lomba drumband ini baru digelar tahun ini, semoga bisa berlanjut untuk tahun yang akan datang, memeriahkan HUT Kabupaten Batang,” harapnya.

Menurut Lani, lomba drumband ini bisa meningkatkan kerjasama, kekompakan, dan kedisiplinan pelajar selain itu juga bisa saling bersilaturahmi antar pelajar dari berbagai sekolah.

“Saya berpesan jaga kebersamaan, yang penting tujuannya silaturahmi dengan sekolah lain, lomba ini juga bisa meningkatkan kerjasama tim, kekompakan tim, dan kedisiplinan, saya juga melihat ada beragam kostum dan ini menarik,” ujar Lani.

Sementara itu, seorang juri, Yuki menjelaskan terdapat enam opsi penilaian dalam perlombaan marching band ini.

“Dari enam opsi tersebut akam ada penilaian atau poin-poinnya, mulai dari keseragaman, jarak, teknik, musik production, analisme, semangat penampilan, sikap, penguasaan materi, keterampilan, gaya, dan colourgroud atau bendera, mayoret pun juga sama akan dinilai dari segi itu,” terangnya.

Secara umum, Yuki melihat, apa yang ditampilkan puluhan grup marching band itu sudah cukup baik dan menarik.

“Penampilannya sudah baik, bagus, berbeda-beda dan menampilan karakternya masing-masing, tinggal nanti ditentukan pemenangnya dengan nilai terbaik,” ujarnya.

 

 

#POLDA JATENG, #JATENG, #JAWA TENGAH, #POLRESTABES SEMARANG, #POLRES REMBANG, #POLRES DEMAK, #POLRES BANJARNEGARA, #POLRES PATI, #POLRES SEMARANG, #POLRES BATANG, #SEMARANG, #PATI, #DEMAK, #BANJARNEGARA, #BATANG, #UNGARAN, #POLRI NEWS, #DENSUS, #POLRI, #BANSOS POLDA, #POLDA DAN COVID, #VAKSINASI POLDA, #LISTYO SIGIT, #OKNUM POLISI, #HUMAS POLRI, #HUMAS, #DIVHUMAS, #BIDHUMAS POLDA JATENG

Related Posts

1 of 5,332