Seputar Jateng

Merasakan Salat Tarawih Satu Malam Satu Juz Alquran di Menara Kudus

hitamputih.co – Jamaah muslim mulai memadati kompleks Masjid Al Aqsha Menara Kudus untuk mengikuti tarawih perdana tadi malam. Itu terlihat dari berjubelnya rute di sepanjang kompleks Menara Kudus. Jamaah rata-rata ingin merasakan Salat Tarawih perdana dan juga bacaan satu juz.

Rute menuju kompleks Menara Kudus terbilang ramai. Itu terlihat dari arah utara menuju selatan. Juga arah sebaliknya dari selatan menuju utara. Beberapa tempat penitipan motor di sekitar Menara Kudus juga penuh. Bahkan, kendaraan roda dua jamaah harus diparkir di bahu-bahu jalan. Situasi semakin ramai dengan keberadaan pedagang makanan ringan di sekitar Menara Kudus. Utamanya dari arah utara ke selatan.

Ditambah lagi dengan hadirnya beberapa rombongan jamaah membuat suasana Tarawih tadi malam semakin ramai. Mayoritas jamaah yang datang untuk melaksanakan Salat Isya’ dan Tarawih menggunakan busana muslim bewarna putih.

Ayat yang dibacakan oleh imam Salat Tarawih KH Abdul Bas’ith terbilang panjang. Yakni bacaan satu juz pertama dalam Alquran. Salah satu jamaah yang tertarik dengan bacaan satu juz ini yaitu Bahar. ”Rata-rata yang salat di sini (Masjid Menara Kudus, Red) kan santri. Jadi, saya memilih untuk salat di sini,” terang pemuda asal Banten yang mondok di Kudus ini.

Berbeda dengan Bahar, Dayyin yang notabene warga Kecamatan Lasem, Rembang, yang tinggal di Kelurahan Damaran, Kota, Kudus, mengaku, nyaman mengikuti Salat Tarawih di Masjid Menara Kudus. ”Saya ke sini setiap hari pertama Tarawih. Tahun lalu juga begitu,” tandasnya.

Jamaah lainnya yang ikut Salat Tarawih perdana yaitu Udin. Warga Desa Getas Pejaten, Jati, Kudus, ini tampak tergesa-gesa saat akan diwawancarai oleh wartawan Jawa Pos Radar Kudus lantaran sudah tertinggal salat Isya. ”Biasanya hari pertama Tarawih memang salat di sini (Masjid Menara Kudus, Red),” ujarnya sambil terburu-buru.

Kemudian ada Wildan yang datang dari Kabupaten Demak yang kebetulan menunggu sang kakak melaksanakan Tarawih. ”Biasanya hari pertama Tarawih di sini. Ini nanti juga mau ke dandangan,” terangnya.

Situasi di dalam masjid tampak penuh oleh jamaah yang melaksanankan salat Tarawih. Dari saf pertama hingga saf ke-16 tampak rapat. Beberapa ada yang salat di luar masjid. Ada yang memilih delapan rakaat dan ada pula yang menyelesaikan hingga 23 rakaat.

 

Sumber : jawapos.com

Editor : Framboz login by Polda Jateng

Related Posts

1 of 6.355