News

Pendaftaran Panwascam Segera Ditutup, Tiga Kecamatan di Banjarnegara Masih Minim Peminat

Banjarnegara – Jelang penutupan seleksi calon anggota Panwascam Pemilu 2024, tiga kecamatan di Banjarnegara masih minim peminat. Bahkan di ketiga kecamatan itu, belum memenuhi kuota minimal pendaftar.

 

Ketua Bawaslu Banjarnegara, Sarno Wuragil mengatakan, hingga saat ini sedikitnya sudah terdapat 214 pendaftar calon anggota Panwascam di Kabupaten Banjarnegara.

Namun jumlah tersebut, tidak merata di seluruh kecamatan. Bahkan, ada tiga kecamatan yang hanya diisi oleh tiga pendaftar.

Sesuai dengan aturan, setiap kecamatan dibutuhkan 3 anggota Panwascam. Sementara di Banjarnegara ada 20 kecamatan, sehingga membutuhkan 60 anggota Panwascam.

Namun begitu, sesuai dengan regulasi aturan seleksi penerimaan calon anggota Panwascam, setidaknya dibutuhkan 100 persen pendaftar di masing-masing kecamatan ditambah dengan kuota perempuan 30 persen.

“Minimal, setiap kecamatan harus ada 6 pendaftar. Sampai hari ini, ada tiga kecamatan yang baru diisi oleh tiga pelamar, bahkan untuk Kecamatan Pagentan belum ada pendaftar perempuannya,” katanya.

Tiga kecamatan yang baru diisi tiga pelamar, yakni Kecamatan Punggelan, Pagedongan, dan Kecamatan Pagentan.

“Kita masih menunggu sampai besok (27 September 2022), jika masih belum ada tambahan untuk tiga kecamatan tersebut maka akan diperpanjang. Jika masih juga tidak ada tambahan, maka kami tetap melanjutkan proses seleksinya,” katanya.

Menurutnya, untuk memenuhi kebutuhan Panwascam, setidaknya membutuhkan 120 pelamar yang nantinya akan diambil 60 orang. Sebab, setiap kecamatan akan ada 3 Panwascam.

Selain itu, keterwakilan perempuan juga harus ada sesuai dengan peraturan Bawaslu.

“Untuk seleksi selanjutnya, calon Panwascam ini akan menjalani tes tertulis dengan sistem CAT,” katanya.

Related Posts

1 of 152