News

Petugas Gabungan di Lamandau Lakukan Evakuasi Orang Utan Tersesat

LAMANDAU – Kemunculan orang utan di pemukiman warga Desa Bukit Harum RT.13 Kecamatan Menthobi Raya, Kabupaten Lamandau, mengagetkan warga sekitar, Selasa (5/12/20023) Sore.

Mendengar informasi tersebut Bhabinkamtibmas Desa Bukit Harum Bripka Husni Raye segera bergegas ke lokasi untuk memastikan keamanan warga dan orang Utan.

Sampai di lokasi Orang Utan berada di atas pohon durian dekat dengan pemukiman warga, Bhabinkamtibmas mengimbau kepada warga agar tidak menggangu ataupun menyakiti orang utan tersebut.

Kapolres Lamandau AKBP Bronto Budiyono, melalui Kapolsek Sematu Jaya Iptu Paulina Widyastuti, S.E membenarkan adanya penemuan orang utan yang berada di dekat pemukiman warga desa Bulik Harum.

“Benar ada 1 (satu) orang utan berada dekat dengan pemukiman warga desa Bukit Harum, saat ini lokasi sudah di amankan oleh Bhabinkamtibmas dan Pospol Bukit Raya.” Ucapnya.

“Orang utan sudah di tangani oleh Personel Pospol Bukit Raya, petugas BKSDA, OFI dan Damkar Lamandau.”

“Alhamdullilah orang utan sudah berhasil di tangkap, sudah di lakukan pemeriksaan dan dalam kondisi sehat.”

“Saat ini Orang utan sudah berhasil di evakuasi petugas selanjutnya di bawa ke karantina Pasir Panjang, Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat.” Terang Kapolsek.

Kapolsek Sematu Jaya berpesan kepada warga masyarakat jika menemukan hal yang sama atau binatang yang di lindungi agar segera melapor kepada pihak yang berwajib dan jangan menyerang atau menyakiti binatang tersebut karena binatang binatang tersebut di lindungi oleh Undang – Undang.

 

Polres Lamandau, Kapolres Lamandau, AKBP Bronto Budiyono, Polda Kalteng, Kombes Pol Erlan Munaji, Kabupaten Lamandau

Ikuti berita terkini di Google News, klik di sini.

Related Posts

1 of 928