BanjarnegaraSeputar Jateng

Polres Banjarnegara Bagi Masker Juga Sosialisasi Prokes Saat Operasi Lilin Candi 2021

Saibumi.id, Banjarnegara – Polres Banjarnegara bersama instansi terkait menggelar operasi yustisi protokol kesehatan dengan membagikan masker dan sosialisasi protokol kesehatan kepada masyarakat di Wilayah Banjarnegara, Senin (27/12/21).

Aksi pembagian masker merupakan bagian dari Operasi Lilin Candi 2021.

Kapolres Banjarnegara AKBP Fahmi Arifrianto, SH, SIK, MH, M.Si menjelaskan, Operasi lilin Candi 2021 digelar selama 10 Hari sejak tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan 2 Januari 2022.

“Operasi lilin difokuskan pada antispasi kegiatan masyarakat dalam menyambut natal dan tahun baru,” kata dia.

Sistem yang dilakukan, lanjut dia, preemtif dan preventif guna menggugah kesadaran masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan serta lingkungan dari kriminialitas.

“Kita menempatkan pos di 12 titik, yang terdiri dari tiga jenis pos yakni pos terpadu, pos pelayanan dan pos pengamanan,” ujarnya.

Selain itu, juga melibatkan lebih dari enam ratus personel gabungan dari TNI dan instansi terkait.

“Kita mengantisipasi adanya gangguan kamtibmas berupa kriminalitas maupun potensi terjadinya teror dan pelanggaran protokol kesehatan,” kata dia.

Selain itu, kegiatan sosialisasi prokes, pembagian masker kesehatan kepada pengendara penumpang microbus, sepeda motor, mobil dan becak yg diketahui tidak memakai masker dengan maksud cegah penularan covid-19.

“Melalui kegiatan ini kami berharap masyarakat bisa terus mengenakan masker dan mematuhi protokol kesehatan sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19,” katanya.

Ia mengungkapkan, jika penyelenggaraan operasi lilin candi kali ini cukup berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Sebab, penugasan personel di lapangan tak hanya sebatas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, tetapi juga memastikan penerapan prokes benar-benar dipatuhi dan dilaksanakan dengan benar.

“Selain menjaga kamtibmas, petugas di lapangan juga akan memantau pelaksanaan prokes sebagai upaya mencegah terjadinya klaster baru,” pungkasnya.

Related Posts

1 of 192