KriminalitasNews

Polres Batang Gelar Event Tahunan Jumbara PKS

BATANG – Jumpa Bakti Gembira Patroli Keamanan Sekolah (Jumbara PKS) merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Satuan Binmas (Satbinmas) bekerja sama dengan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Batang dan beberapa institusi pendidikan di Kabupaten Batang. Acara ini berlangsung dari 29 September hingga 1 Oktober 2023.

Sebanyak 660 pelajar dari 22 institusi pendidikan, termasuk SMP/MTs dan SMA/SMK/MA, berpartisipasi dalam beragam perlombaan, seperti Peraturan Baris Berbaris (PBB), Gerakan Pengaturan Lalulintas (Gaturlantas), senam lalulintas, kreasi tari, puisi, dan cerdas cermat.

Kasatbinmas Polres Batang, AKP Sukamto, menjelaskan bahwa tujuan dari perlombaan ini adalah untuk membentuk kedisiplinan, keterampilan, dan jiwa ketaatan hukum pada pelajar.

“Kegiatan ini juga diharapkan dapat mengalihkan perilaku negatif seperti kenakalan remaja dan penyalahgunaan narkoba menjadi lebih positif, dengan fokus pada kedisiplinan dalam berlalu lintas,” jelasnya saat memantau jalannya lomba PBB, di Kompleks GOR Abirawa, Kabupaten Batang, Sabtu (30/9/2023).

Aiptu Wisnu, Bintara Satlantas Polres Batang, menyoroti perlombaan Gaturlantas yang memberikan manfaat nyata dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam memberikan pelayanan kepada rekan-rekan di jalan raya.

“Hal ini sangat penting mengingat banyak sekolah berada di depan jalan utama, sehingga kemampuan dalam mengatur lalu lintas dapat membantu teman-teman atau pengguna jalan lainnya saat menyeberang. Perlombaan Gaturlantas ini mencakup 12 tugas yang harus dikerjakan di hadapan dewan juri,” bebernya.

Kasi Pendidikan Madrasah dari Kantor Kementerian Agama Batang, Munif, menyatakan bahwa maraknya kenakalan remaja seperti tawuran mencerminkan perilaku yang tidak sesuai dengan norma agama dan sosial.

“Melalui acara Jumbara ini, tidak hanya kedisiplinan yang diajarkan, tetapi juga semangat pelajar yang berkarakter. Acara ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam membentuk generasi muda yang disiplin, bertanggung jawab, dan peduli terhadap keselamatan berlalu lintas,” tandasnya.

 

Polres Batang, Kapolres Batang, Pemkab Batang, Kabupaten Batang, Polda Jateng, Jateng, Kabidhumas Polda Jateng, Bidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Lutfi

Ikuti berita terkini di Google News, klik di sini.

Related Posts

1 of 3,279