News

Puluhan IKM Salatiga Gelar Festival Kampung Singkong

 SALATIGA – Puluhan pengusaha industri kecil menengah (IKM) olahan singkong di Salatiga menggelar Festival Singkong ‘Mangan Singkong Sakwaregnu’ di Ngaglik, Kelurahan Ledok, Kota Salatiga, selama dua hari Sabtu (3/12/2022) dan Minggu (4/12/2022).

Ketua Panitia Kegiatan Festival Singkong Salatiga 2022 Toni Anandya Wicaksono mengatakan  kegiatan diselenggarakan pada 3-4 Desember 2022.

“Sebuah mimpi mengadakan festival kampung singkong tahun ini. Mimpi sejak dua tahun lalu, tidak hanya berjualan singkong tapi juga harus bisa membuat acara yang lebih yakni  berupa festival ini,” kata Toni, Minggu (4/12/2022).

Menurutnya, jumlah pengusaha olahan singkong sudah mencapai 38 IKM dan banyak IKM lain menjadi pelengkap kampung singkong ini.

Dengan festival ini diharapkan menjadi cikal bakal kegiatan ke depan dan  untuk bersinergi dengan segenap stakeholder. Pada Sabtu (3/12) juga diwujudkan mimpi bahagia Salatiga.

“Pada Sabtu (3/12) memecahkan rekor Lembaga Prestasi Rekor Indonesia Dunia (LEPRID) gethuk terbanyak dan terpanjang sebanyak 2022 gethuk,” ungkap  Toni Anandya Wicaksono.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja  Salatiga mengatakan kegiatan ini meningkatkan kualitas produk olahan singkong. Selain itu juga meningkatkan SDM pelaku industri kecil dan menengah, serta memperkuat kelembagaan yang telah terbentuk.

Festival Kampung Singkong Salatiga ini dibuka oleh Penjabat (Pj) Walikota Salatiga, Sinoeng N Rachmadi, Menurut Sinoeng festival kampung singkong akan membawa pengaruh ikutan bagi peningkatan ekonomi.

“Selamat kepada kampung singkong untuk terus berproduksi, berkreasi untuk memajukan ekonomi masyarakat Salatiga khususnya dan Indonesia pada umumnya,” kata Sinoeng. (Sus)

Related Posts

1 of 222