News

Sempat Tertimbun Longsor, Jalan Pasegeran Banjarnegara Sudah Bisa Dilalui

Banjarnegara – Sempat ditutup total akibat tertimbun longsor, akses jalan menuju Desa Pasegeran, Kecamatan Pandanarum, kini sudah bisa dilalui, Minggu (25/9/2022) pagi. Namun pengendara harus ekstra hati-hati, karena kondisi jalan menanjak dan licin.

Akses jalan tersebut, sempat ditutup baik untuk kendaraan roda dua maupun roda empat setelah sebelumnya tertimbun longsor pada, Jumat (23/9/2022) malam. Longsor tersebut, juga mengancam tiga rumah warga yang ada di atasnya.

Koordinator relawan RAPI Banjarnegara, Tejo Sumarno mengatakan, setelah kejadian, sejumlah relawan gabungan baik dari BPBD, TNI, Polri, RAPI, serta sejumlah relawan lain bersama dengan masyarakat setempat langsung membersihkan material pada Sabtu pagi. Banyaknya material yang menutup jalan dan tidak adanya alat berat, membuat proses pembersihan jalan membuat lebih lama.

“Untuk akses roda dua sudah bisa dibuka sejak Sabtu sore, sementara untuk roda empat baru bisa dibuka hari ini,” ujarnya.

Seperti diketahui, tebing sepanjang 5 meter dengan tinggi 5 meter di Desa Pasegeran, Kecamatan Pandanarum, Banjarnegara, longsor. Hal ini membuat akses dari dan menuju wilayah tersebut tutup total, akibat kondisi jalan tertimbun material longsoran.

Kejadian tersebut bermula saat wilayah Kecamatan Pandanarum Banjarnegara, diguyur hujan deras selama lebih dari dua jam. Tebing setinggi 5 meter ini, ambruk sekitar pukul 18.30 WIB. Longsor juga mengancam rumah milih Nur Badningsih, karena tebing penopang rumahnya ambruk. Tak hanya itu, longsor juga mengancam rumah Markim dan Suwigyo.

Saat ini, untuk mengantisipasi terjadinya longsor susulan. Sejumlah warga bersama relawan, masih melakukan kerja bakti dengan menutup rehakan tanah serta menutup sisa longsoran dengan terpal. Tak hanya itu, warga juga melakukan kerja bakti dengan membuat saluran air hujan di sekitar lokasi longsor.

Related Posts

1 of 168