Breaking NewsSeputar Jateng

Tingkatkan Kemampun Pengorasian Mobil AWC, Sat Samapta Polres Banjarnegara Gelar Pelatihan

Banjarnegara – Sat Samapta Polres Banjarnegara menggelar pelatihan personil dalam pengoperasian dan pemeliharaan rantis atau kendaraan taktis AWC (armoured water cannon) atau sering disebut mobil water cannon.

Kapolres Banjarnegara AKBP Hendri Yulianto, SIK, MH melalui Kasat Samapta AKP Agustinus Krisdwiantoro, SH mengatakan, Dalam mengoperasikan mobil AWC tidak mudah, karena untuk mengoperasikannya membutuhkan sejumlah personel, sehinga perlu adanya pelatihan khusus sebagai driver dan operator mobil water canon.

“Selain pengemudi, sejumlah personel yang berada di dalam mobil water cannon memiliki tugas masing-masing, diantaranya mengoperasikan sejumlah tombol dan sakelar,” katanya di Mapolres Banjarnegara, Jum’at (24/6/2022).

Pelatihan ini, menurur dia, dilakukan Untuk meningkatkan kemampuan mengoperasionalkan AWC.

“Kendaraan taktis (Rantis) AWC ini memiliki banya fungsi, namun fungsi utamanya yakni untuk untuk mengantisipasi tindakan anarkis yang datangnya dari para pendemo saat terjadi unjuk rasa,” ujar dia.

Ia mengungkapkan, seluruh kaca di mobil AWC ini dilapisi pengaman besi guna mencegah lemparan benda keras yang ditujukan ke AWC, adapub kapasitas air 6500 liter

“Kemarin mobil AWC kami alihkan untuk penyemprotan disinfektan,” pungkasnya.

Related Posts

1 of 81