News

Tingkatkan Produktifitas Bawang Merah, Pemkab Demak Beri Bibit dan Pupuk NPK Kepada Kelompok Tani

DEMAK – Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak berikan bibit bawang meran dan pupuk pertanian NPK Non Subsidi kepada kelompok tani di Kecamatan Mijen Kabupaten Demak.

Pemberian itu bertujuan untuk meningkatkan produktifitas hasil pertanian di Kecamatan Mijen Kabupaten Demak.

Ada beberapa kelompok tani (poktan) mendapatkan bantuan bibit bawah merah diantaranya, Karya Makmur Desa Pasir, Pangudi Luhur Desa Ngelowetan, Margo Mulyo Desa Gempolsongo, Tani Jaya Desa Pasir, Krido Karyo Desa Bakung.

Plt Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak, Agus Herawan mengatakan sebanyak 32 ton bibit bawah merah yang siap dibagikan kepada Kelompok tani.

Tak hanya di Mijen saja kata Agus, pemberian bibit ini juga diberikan kepada 3 kecamatan di Kabupaten Demak.

“Ada 3 kecamatan di Kabupaten Demak dengan total bantuan bibit bawang merah sebanyak 32 ton,” kata Agus, Senin (26/9/2022).

Dalam kesempatan ini, pihaknya juga membagikan pupuk NPK sebanyak 2 ton kepada setiap kelompok tani, bernilai 1 miliar.

“Bantuan pupuk NPK non subsidi sebesar 1 miliar. Masing-masing poktan mendapat 2 Ton dan di tambah dengan pupuk NPK Non Subsidi sebesar 0,7 Ton,” ungkapnya.

Dengan adanya pemberian bibit bawang merah, Agus berharap bisa membantu kelompok tani dalam hal menghadapi kenaikan harga BBM dan memenuhi persedian bibit bawang.

“Harapanya dengan adanya bantuan bibit bawang merah membantu petani dalam menghadapi dampak kenaikan BBM, serta membantu persediaan bibit, petani saat harga bawang merah lagi jatuh walaupun ini masih jauh dibandingkan hasil panen yang ada.” tuturnya.

Sementara Bupati Demak Eisti’anah mengapresiasi adanya bantuan pemberian bibit bawang merah kepada kelompok tani.

Menurutnya, salah satu sektor yang tidak terpengaruh dari pandemi Covid – 19 itu sektor pertanian.

“Alhamdulillah, walaupun beberapa waktu yang lalu saat harga bawang merah ini turun drastis dan sempat risau, tetapi dari Pemkab Demak sudah antisipasi,” kata Bupati Demak.

 

Related Posts

1 of 125